Jakarta - Saat nggak ada kegiatan di rumah apalagi ditetapkan aturan no gadget, bukan nggak mungkin anak merasa bosan kan, Bun. Eits, tapi Bunda tahu nggak, perasaan bosan pada anak-anak bisa mendorong kreativitas mereka lho.

Selain itu, dari bosan yang dirasa anak bisa belajar memecahkan masalah serta membantu mereka merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Kata kepala Raising Children Network dan Parenting Research Center, Prof Julie Green, rasa bosan mengajarkan anak-anak untuk mendorong diri mereka sendiri, meningkatkan ketahanan dan membantu berkontribusi untuk harga diri yang positif.

Kata Profesor Julie, seringnya orang tua merasa harus menghibur anak-anaknya sepanjang waktu, tapi nyatanya mereka tak bisa melakukannya. Nah, karena orang tua tak bisa melakukannya setiap saat, anak-anak akhirnya belajar mengerjakan sendiri apa yang ingin dilakukannya.



"Mereka dapat mengeksplorasi ide dan melakukan sesuatu yang sesuai dengan suasana hatinya. Ini adalah dorongan yang kuat bagi anak memakai imajinasinya dan menciptakan skenario bermain yang berbeda," kata Prof Julie kepada Herald Sun.

Seorang ayah bernama Pablo menceritakan ketika nggak melakukan apa-apa, ketiga anaknya yakni Luis (12), Charlie (10), dan Felix Bettinsoli (7) melakukan segala sesuatu. Bahkan saat mereka bosan, kakak dan adik ini hanya menarik-narik garis untuk mengusir kebosanannya.

"Dengan mengisi kebosanannya anak-anak belajar tangguh untuk melewati sesuatu yang sedikit menegangkan dan sedikit sulit," ujar Pablo.